Tutup Menu

Patung Triratna Amerta Bhuwana akan jadi ikon baru Pantai Sekeh/Jerman

Sabtu, 31 Desember 2022 | Dilihat: 109 Kali
Patung Triratna Amerta Bhuwana atau Tiga Mutiara Utama Penghidup Semesta Kehidupan
    
PANTAI KUTA, GI-News.Com II Pantai Sekeh yang sekarang dikenal dengan Pantai Jerman akan memiliki ikon megah karya Nyoman Sungada, seorang pematung setempat yang berasal dari Desa Pecatu, Kuta.

Patung megah yang berdiri ditengah laut itu bernama Triratna Amerta Bhuwana, yang artinya adalah “Tiga mutiara utama penghidup semesta kehidupan”.

Pada patung tersebut terdapat tiga nasehat untuk mengingatkan manusia, yaitu:

1.Amreta Sarira, berupa kasukretan, yaitu kesejahteraan dan kemakmuran material dalam samudra kehidupan, digambarkan dengan patung Kanjeng Ratu Manik Kencana Sari Dewi sang penguasa samudra.

2.Amreta Prana, berupa kewelas asihan jagat, digambarkan dengan patung Dewi Kwan Im.

3.Amreta Jiwa/Atma, berupa kasucian, yaitu suci murni dan kebijaksanaan, digambarkan dengan patung Dewa Baruna.

Patung Triratna Amerta Bhuwana akan segera menjadi destinasi wisata baru dikawasan Kuta, ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang ber-swa foto dipatung tersebut walaupun belum rampung pembuatannya.

De Karang seorang tokoh Kuta ketika ditemui wartawan mengatakan “Tidaklah berlebihan kalau saat ini Pantai Sekeh kembali mempertegas jati dirinya dengan didirikannya tiga patung yang mengandung filosofi spiritual yang sangat tinggi bagi kehidupan umat manusia, khususnya bagi umat Hindu”, jelasnya.
Tokoh Kuta De Karang dan Sang Pematung Nyoman Sungada di Pantai Kuta
Lanjut De Karang “Pantai Sekeh yang berada diujung selatan Pantai Kuta terletak dipesisir pasir putih berdekatan dengan International Air Port I Gusti Ngurah Rai Bali”.

“Pada era ekspansi kerajaan Majapahit dibawah Pimpinan Maha Patih Gajah Mada ke Bali, Pantai Sekeh menjadi tempat berlabuhnya laskar Majapahit yang dipimpin Maha Patih Gajah Mada, semoga keberadaan patung Triratna Amerta Bhuwana akan membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia yang kita cintai”, pungkas De Karang.

(Redaksi)

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media GI-News.com