Tutup Menu

Tokoh agama, masyarakat & pemerintah kumpul di Padepokan PGN Bali lakukan Qurban Untuk Kebangsaan

Senin, 11 Juli 2022 | Dilihat: 225 Kali
Pelindung PGN Bali; Ida Pengelingsir Agung Putra Sukahet, yang juga Ketua Umum FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) dan Ketua MDA (Majelis Desa Adat) Provinsi Bali
    
DENPASAR,GI-News.Com II Umat Islam diseluruh dunia pada hari ini Minggu 10 Juli 2022 merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H, sekaligus melakukan penyembelihan hewan qurban sebagai perwujudan taat seorang hamba kepada kepada perintah Tuhannya.

PGN (Patriot Garuda Nusantara) Wilayah Bali, organisasi kebangsaan besutan kiyai NU; Dr.KH.Gus Nuril (mantan Panglima Pasukan Berani Mati era Presiden Gus Dur-red) juga turut merayakan Idul Adha dengan menggelar sholat Ied serta penyembelihan hewan qurban dengan mengambil tempat di Padepokan PGN Bali didaerah Kertha Petasikan, Denpasar Selatan, Minggu (10/7/2022).

Perayaan ini mengambil tema QURBAN UNTUK KEBANGSAAN dalam rangka mendukung KTT G20, tujuannya untuk meningkatkan silaturahmi seluruh elemen bangsa, termasuk tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh pemuda, organisasi-organisasi, pengusaha, pejabat pemerintah, serta aparat keamanan baik TNI maupun POLRI, terutama Densus 88 Anti Teror POLRI dan BNPT.
 

Turut hadir pada acara ini Pelindung PGN Bali; Ida Pengelingsir Agung Putra Sukahet, yang juga Ketua Umum FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) dan Ketua MDA (Majelis Desa Adat) Provinsi Bali, Pembina PGN Bali; Jro Mangku I Made Supatra Karang, yang juga Penasehat PHRI Bali dan Ketua MSH (Majelis Sabuk Hitam) INKAI Bali, Ketua NU Kota Denpasar: H.Pujianto,S.Adm, Satgas Densus 88 AT POLRI Wilayah Bali; AKP.Palguna Arwijaya,SIK,Msi, Ketua APVA Bali; Hj.Ayu Astuti Dhama,SE, Perwakilan PHDI Pemurnian, Perwakilan PBB (Pemuda Batak Bersatu), Ketua DAG (Demi Anak Generasi); Aryana, Ketua FP NKRI (Forum Peduli NKRI); Sonny Setiawan, Ketua PGN Bali; H.Daniar Trisasongko,SH,M.Hum, Senopati PGN Bali & Indonesia Timur; Gus Yadi, Perwakilan Melanesia, Institut Rumah Akal, serta masih banyak lagi elemen masyarakat lainnya.

Senopati PGN Bali & Indonesia Timur; Gus Yadi dalam sambutannya mengatakan ia merasa sangat senang dengan kehadiran teman-teman seperjuangan, yang memiliki semangat menyebarkan toleransi kepada seluruh anak bangsa demi Persatuan Indonesia.
 

Qurban untuk kebangsaan ini selain menjalankan perintah agama, sekaligus contoh bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus dikelola dengan baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Orang-orang yang berada dalam kepanitiaan ini terdiri dari berbagai macam agama, bukan hanya Islam saja, ada Hindu, Kristen, dll, akan tetapi semua memiliki tujuan yang sama, ingin berbagi dengan seluruh anak bangsa, tanpa melihat suku dan agamanya.
 


“Daging qurban ini akan kami berikan selain untuk saudara saudara kita yang kurang beruntung, juga untuk saudara-saudara kita yang berbeda agama dan suku, agar bisa terjalin silaturahmi kebangsaan sebagai saudara sebangsa walupun berbeda agama”, pungkas Gus Yadi.

Lebih jauh Gus Yadi mengajak para undangan untuk meningkatkan peran dan kepedulian masyarakat, bersama-sama melawan gerakan intoleran di Bali, apapun status sosial, ras, suku, agama, dan kebudayaannya.

“Saya mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama waspada, menjaga dan memelihara Kebhinekaan Bangsa dengan mengedepankan semangat bertoleransi”, tutup Gus Yadi.

Ketua Umum FKUB; Ida Pengelingsir Agung Putra Sukahet yang diminta untuk memberikan Wejangan Kebangsaan mengatakan bahwa hari ini ada empat acara yang harus dihadiri, akan tetapi ia memilih untuk datang di acara PGN karena kecintaannya kepada PGN yang ikut menjaga keutuhan bangsa dari rongrongan para kaum intoleran, radikalis serta separatis.

“Sekarang ini saya melihat ditempat ini berkumpul orang-orang dari berbagai suku, agama dan organisasi, saya merasa sangat senang karena saya melihat Indonesia ada ditempat ini”, kata Putra Sukahet.

“Pada dasarnya tidak ada satu negarapun yang ingin negara lain lebih hebat dari negaranya.

Pada saat Indonesia merdeka, karena wilayahnya yang sangat luas, jumlah penduduknya yang banyak serta kekayaan alam yang berlimpah, negara-negara maju sudah memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi macan Asia, bahkan singa dunia yang akan menjadi saingan mereka nantinya.

Bagaimana caranya agar Indonesia tidak bisa menjadi negara besar?, mulailah dilakukan pergerakan-pergerakan untuk mengacaukan Indonesia melalui antek-anteknya.

Yang paling mudah dan murah adalah politik adu domba menggunakan isu agama.

Maka diciptakanlah kegaduhan-kegaduhan yang dibungkus dengan agama yang tujuannya untuk membuat perpecahan.

Apabila sudah terpecah dan menjadi negara-negara kecil, maka akan mudah untuk ditaklukan dibawah kendali mereka.

Oleh karena itu di Islam ada musuhnya, Kristen ada musuhnya, dan sekarang Hindu juga memiliki musuh, yang tujuannya memang untuk memecah belah negara kita”, pungkas Putra Sukahet.

“Mari kita bergandengan tangan, bersama-sama menolak radikalisme, intoleran serta separatisme yang akan menghancurkan bangsa dan negara kita”, tegas Putra Sukahet.

Kegiatan yang mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan tersebut ditutup dengan pemberian simbolis daging qurban oleh para tokoh, dan diteruskan oleh anggota PGN mengunjungi rumah warga untuk memberikan daging qurban, tanpa melihat suku dan agamanya.

Ditempat yang sama Ketua PGN Bali; H.Daniar Trisasongko,SH,M.Hum yang ditemui awak media menjelaskan bahwa tahun ini hewan qurban yang diterima terdiri dari dua ekor sapi dan sembilan ekor kambing.

“Semoga pelaksanaan KTT G20 dibulan November nanti berjalan lancar dan sukses”, ujar H.Daniar.

Daftar donatur pemberi hewan qurban

Donatur Hewan qurban sapi:
1.Kepala Densus 88; Irjen Pol.Dr.Martinus Hukom
2.Satgas Densus 88 Wilayah Bali.

Donatur Hewan qurban kambing:
1.Teddy Raharjo,SH
2.Joe
3.Heidi Kaligis
4.HM.Rifan,SH,M.Hum,CLA
5.Brigjen Pol (Purn) Drs.H.Iwan Prasodjo,SH.MH
6.AA Gede Agung
7.Suteja Kumara,ST
8.Wayan Suadi Putra
9.H.Soepriyanto.HS

Donatur Qurban Daging sapi 100 KG:
1.Zulfikar

Sumbangan;
1.Uang tunai Rp 4 juta

Jurnalis: SONYBALI

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media GI-News.com