Tutup Menu

Aksi Damai & Deklarasi Kebangsaan PGN Bali di Lapangan Renon Lancar & Damai

Rabu, 22 Juni 2022 | Dilihat: 379 Kali
“Kami menentang aksi demonstrasi yang dilakukan AMP (Aliansi Mahasiswa Papua) yang menuntut kemerdekaan Papua Barat", tegas Gus Yadi Senopati PGN Wilayah Bali & Indonesia Timur
    
DENPASAR, GI-News.Com  II Dalam rangka turut menjaga keutuhan NKRI dan persiapan perhelatan KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali tanggal 15-16 November 2022 mendatang, PGN (Patriot Garuda Nusantara) Wilayah Bali menggelar Deklarasi Kebangsaan didepan Kantor Gubernur Bali-Denpasar, Rabu pagi (22/06/2022).

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, naskah Deklarasi Kebangsaan dibacakan oleh Koordinator Deklarasi yang juga merupakan Ketua PGN Wilayah Bali H. Daniar Trisasongko SH, M.Hum.

Berikut adalah poin-poin Deklarasi Kebangsaan PGN:
1. Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Mendukung Otonomi Khusus dan Daerah Otonomi Baru di wilayah Papua.
3. Meminta pemerintah untuk segera merealisasikan kebijakan Otonomi Khusus dan Daerah Otonomi Baru di Papua sesuai UU Nomor 2 Tahun 2021.
4. Mengawal UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang percepatan pembangunan di wilayah Papua melalui Otonomi Khusus dan Pemekaran Daerah Otonomi Baru.
5. Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung Otsus dan DOB di Papua.
6. Menolak Radikalisme, Intoleransi, dan Separatisme.
7. Mendukung Presidensi G20 Indonesia.
8. Mendukung keterlibatan Indonesia dalam upaya perdamaian dunia.
9. PGN turut menjaga persatuan dan kesatuan NKRI serta mendukung pemerintah dalam memajukan Bangsa.
10. Keamanan Bali merupakan kenyamanan pariwisata, mari jaga Bersama dari segala pengacau yang mengganggu keamanan dan kenyamanan Bali.
11. Hidup nyaman dan toleran kunci Bali di kenal dunia, pengacau yang tidak toleran melawan masyarakat Bali.

Usai deklarasi kegiatan diteruskan dengan orasi kebangsaan di bagian timur Museum Bajra Sandi.

Sebelum memulai orasi, panitia meminta hadirin mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, terutama I Gusti Ngurah Rai yang rela gugur demi Indonesia.

PGN sebagai bagian dari elemen masyarakat dengan tegas menyatakan mendukung pemerintahan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dari rongrongan kelompok-kelompok radikal, intoleran serta separatis, terutama untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Kami menentang aksi demonstrasi yang dilakukan AMP (Aliansi Mahasiswa Papua) yang menuntut kemerdekaan Papua Barat, Indonesia dianggap penjajah oleh AMP, jelas hal ini bisa mencoreng nama Bali dan mengganggu stabilitas negara Republik Indonesia pada umumnya” tegas Gus Yadi Senopati PGN Wilayah Bali & Indonesia Timur dalam orasinya.

Gus Yadi melontarkan kritik yang cukup pedas kepada aparat penegak hukum agar tidak ragu-ragu mengambil tindakan hukum kepada siapa saja yang melanggar hukum dan berusaha memecah belah bangsa.

“Polisi harus melakukan penegakan hukum dengan tegas, tidak boleh dibiarkan”, pungkasnya.

“Demi membela bangsa dan negara yang berazaskan Pancasila, saya siap menggebuk para pengacau bersama PGN seperti yang terjadi saat AMP melakukan aksi menuntut Papua Barat merdeka”, tutup Gus Yadi.

Ditemui dikantornya Humas PGN Bali I.G.A.N Gede Agung Brahmantara S.E  yang biasa dipanggil dengan sebutan Gung Bram menjelaskan “Aksi damai tersebut bukan bentuk provokasi, melainkan bentuk solidaritas kita, sebagai warga Indonesia dan warga Bali pada khususnya dalam menjaga Bali, agar kondusif dalam menyambut acara besar KTT G20 mendatang”.

Gung Bram menghimbau agar jangan ada lagi aksi-aksi yang akan merugikan bagi masyarakat dan ekonomi Bali, terutama saat persiapan sampai dengan hari H perhelatan KTT G20 mendatang.

"Jangan sampai wisatawan beranggapan Bali tidak aman, sehingga perekonomian Bali akan terpuruk kembali”, ucapnya.

“Wahai kelompok-kelompok radikal, intoleran dan separatis, jangan ganggu masyarakat Bali, jangan ganggu ekonomi Bali”, tegas Gung Bram.

Deklarasi dan orasi berjalan dengan lancar dan damai dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian, satpol PP dan Angkatan Darat.

Pewarta: SONY BALI

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media GI-News.com