UIR-UTP Malaysia Penelitian Bersama dengan Total Dana Rp 1,4 Miliar

By wartawan 14 Apr 2018, 00:44:11 WIBPendidikan

UIR-UTP Malaysia Penelitian Bersama dengan Total Dana Rp 1,4 Miliar

Pekanbaru, Homeriau.com - Langkah maju di bidang penelitian disepakati Universitas Islam Riau dengan UTP (University Technology Petronas) Malaysia. Kedua universitas itu sepakat melakukan joint research (penelitian bersana) yang substansinya mengarah ke sustainable environment. Meliputi fisika, kimia, matematika terapan, teknologi informasi, perminyakan dan geologi.

Menurut Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Dr Evizal Abdul Kadir ST MEng, penelitian bersama melalui matching grant itu mentargetkan 10 judul penelitian yang anggotanya diambil dari kedua universitas. Masing-masing proposal, kata Evizal, di danai bersama dengan total 10.000 dollar USD per proposal untuk jangka waktu satu tahun. Total dana ke-10 proposal senilai 100.000 dollar USD atau Rp 1,4 miliar.

''Untuk mensukseskan penelitian bersama itu, UIR menyiapkan dana lebih kurang Rp 700 juta. Sementara UTP Malaysia mengalokasikan 200.000 ringgit,'' ungkap Evizal kepada wartawan melalui whatshapp Jum'at malam (13/4).

Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L mengamini joint research UIR-UTP yang pendanaannya dibiayai kedua universitas. Kata Rektor, penelitian bersama ini merupakan langkah maju baik bagi UIR maupun UTP. ''Kita senang digandeng oleh UPT sebagai mitra dalam joint research ini. Selain memberi pengalaman kepada para dosen yang terlibat dalam penelitian, joint research ini dapat menjadi pintu masuk bagi Universitas Islam Riau menuju Visi UIR 2020, yakni menjadi universitas Islam yang unggul dan terkemuka di Asia Tenggara tahun 2020,'' ujar Rektor.

Syafrinaldi berharap, waktu satu tahun yang disepakati kedua universitas hendaknya dapat dimanfaatkan oleh para dosen yang terlibat dalam penelitian sebaik mungkin. Terbuka kemungkinan penelitian serupa berlanjut dimasa akan datang baik bersama UTP maupun dengan university lain. Tak hanya di Malaysia melainkan di negara-negara ASEAN lain. ''Kita banyak melakukan kerjasama akademik berskala international dengan berbagai university di luar negeri. Kerjasama tersebut akan kita manfaatkan untuk meningkatkan kualitas dosen-dosen UIR. Juga UIR secara kelembagaan,'' ujar Rektor bertangan dingin ini.Hr/r
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Pilihan Anda?
  Firdaus - Rusli Effendi
  Arsyadjuliandi R. - Suyatno
   Syamsuar - Edi Nasution
   Lukman Edy - Hardianto

Komentar Terakhir

  • Benefits of Cheese

    After reading your article I was amazed. I know that you explain it very well. And ...

    View Article
  • Benefits of Cheese

    The matter you we highlighted above is surely value able for anyone to workout. the ...

    View Article
  • Milk

    It is extremely nice to see the greatest details presented in an easy and ...

    View Article
  • Milk

    I am always searching online for articles that can help me. There is obviously a ...

    View Article