Perusahaan Migas Sei Siak dan PKPU HI Riau Bina Masyarakat Olah Eceng Gondok dari Limbah

By wartawan 14 Nov 2017, 00:20:51 WIBPendidikan

Perusahaan Migas Sei Siak dan PKPU HI Riau Bina Masyarakat Olah Eceng Gondok dari Limbah

Riau, Homeriau.com - Program   pemberdayaan   ekonomi   masyarakat   yang   dari   PT   Pertamina(Persero)   Terminal   BBM   Sei Siak  dan   PKPU   Human   Initiative   Riau   di   kelurahanTanjung   Rhu   Kecamatan   Limapuluh   yaitu   program   pengolahan   eceng  gondok menjadi   pupuk   sudah   sampai   ketahapan   pelatihan   dan   pendampingan.   
 
Minggu(12/11) di bengkel workshop yang ada di RT 04 RW 07, pelatihan pengolahan ecenggondok dilakasanakan. 
 
Pelatihan ini menghadirkan komunitas kompos UniversitasRiau. Program pengolahan eceng gondok menjadi pupuk merupakan program yang diberikan   dengan   tujuan   terbentuk   suatu   kemandirian   masyarakat  dengan memanfaatkan potensi yang ada di suatu wilayah menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekominis sehingga menjadi satu faktor penunjang kesejahteraan masyarakat.
 
Di kelurahan tanjung rhu yang merupakan wilayah yang berada di pinggiran sungaisiak memiliki potensi adanya eceng gondok yang banyak. Adanya eceng gondokselama ini hanya menjadi pengganggu karena mengotori sungai dan mengganggu aktivitas penyebrangan.
 
Melalui  program ini,  harapan  dari  PT  Pertamina   (Persero)  Terminal BBM   SeiSiak   dan   PKPU   Human   Initiative   Riau   adalah  terbentuk   suatu   kelompok   usahaBersama   yang   mandiri   khususnya   dalam   pemanfaatan   eceng   gondok   menjadipupuk.   
 
Dengan   program   ini   juga   selain   mengurangi   eceng   gondok   yang mengganggu namun menciptakan lapangan kerja baru di masyarakat tanjung rhu.Setiap   minggunya   dilaksanakan   pendampingan   dan   motivasi   bisnis   kepada penerima manfaat.   Motivasi bisnis   diberikan  agar   setiap penerima  manfaat  tidakpaham   dalam   pengolahan   saja.   
 
Namun   setiap   penerima   manfaat   memiliki pemahaman mengenai bisnis dan mampu mengembangkan bisnisnya dikemudian hari.   
 
Pendampingan yang dilaksanakan Minggu (12/11) yakni tentang pembuatan bokhasi dari eceng gondok. Materi yang diberikan yaitu bagaimana cara pembuatan bokhasi, dan standar pengontrolan mutu bokhasi yang akan di produksi.Hr/vie/roc.

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Gubernur Riau Pilihan Anda?
  Firdaus ST, MT
  H M. Harris, H.DR
  Ir. H. Arsyadjuliandi Rahman
  Drs H. Syamsuar Msi,
  H. M lukman Edy,
  H. Nurzahedi SE (edy tanjung)
  H. Hendry Munif MBA.

Komentar Terakhir

  • Pendaftaran Merek

    Terima kasih atas semua info yang anda berikan. http://optimasihki.id/about/ ...

    View Article
  • pulau tidung

    Sungguh menarik artikel dalam situs anda. Ditunggu informasi yang lain. Semangat! ...

    View Article
  • Pulau Pari

    Thank you so much! ...

    View Article
  • Tours Pulau Pari

    Met pagi pak.. Ikutan komen yak. Biar tetap exist heuheue... ...

    View Article