Peningkatakan Kualitas Remaja Mutlak Diperlukan

By HomeRiau 11 Feb 2018, 14:26:28 WIBNasional

Peningkatakan Kualitas Remaja Mutlak Diperlukan

Pekanbaru, homeriau.com - Generasi Berencana (Genre) se Provinsi Riau, menggelar temu forum yang berlangsung selama tiga hari di Kota Pekanbaru. Temu forum dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau, Agus Putro Proklamsi, Sabtu (10/2/2018) di kantor BKKBN Riau. Salah satu hal yang dilakukan adalah peningkatan kualitas remaja di Provinsi Riau.

Saat menyampaikan sambutan, Agus P Proklamasi mengakui bahwa permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat kompleks mulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan TRIAD KRR (tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu Seksualitas, HIV/ AIDS dan Napza).

"Seeprti baru-baru terjadi remaja ribut karena pesoalan sepele. Lalu ada lagi remaja yang dibully. Banyak lagi persoalan remaja yang menjadi perhatian kita semua," jelasnya.

Dikatakan, Genre merupakan potensi yang memerlukan pengelolaan yang terencana, sistematis dan terstruktur agar dapat dimanfaatkan menjadi modal pembangunan ke depan.

"Permaslaahan lain yang cukup memprihatinkan pada remaja adalah banyaknya remaja terpapar HIV/AIDS dan Narkoba. Sebagian besar penyalah guna Narkoba adalah pelajar dan mahasiswa. Maka dalam rangka merespon permasalahan remaja itu, BKKBN mengembangkan Program GenRe," lanjutnya.

Disampaikan, program GenRe adlah Program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secra terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

"Program GenRe ini dilaksanakan melalui pendekatan langsung kepada remaja serta orang tua yang memiliki remaja, Pendekatan kepada remaja/mahasiswa dilaksanakan melalui pengembangan Pusat informasi dan konseling remaja/mahasiswa atau PIK R/M dengan menjadikan remaja sebagai pengelola, pendidik dan konselor sebaya sehingga kelompok ini dikelola dari oleh dan untuk remaja/mahasiswa. PIK remaja/mahasiswa yaitu suatu wadah untuk memperoleh informasi dan pelayanan konseling tentang kesehatan reproduksi," lanjutnya.

Sementara itu, Mayang Sari selaku ketua mengatakan duta Genre BKKBN diharapkan merupakan figur motivator yang terampil dan berkarakter bagi remaja.

"Genre diharapkan mampu memberikan motivasi, sosialisasi dan dapat menjadi inspirasi bagi remaja-remaja di Riau. Apalagi tujuan utama Genre itu adalah mempromosikan kegiatan KB. Adanya Genre maka promosi dan sosialisasi program genre akan lebih maksimal,” ungkapnya.

Saat temu forum, sejumlah nara sumber dihadirkan seperti Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau, Andra Syafril, perwakilan Badan Narkotika Nasional Provinsi dan pihak lainnya.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Pilihan Anda?
  Firdaus - Rusli Effendi
  Arsyadjuliandi R. - Suyatno
   Syamsuar - Edi Nasution
   Lukman Edy - Hardianto

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Kampung Pare

    Siapapun yang terpilih, semoga bisa memberi kesejahterahan bagi masyarakat Riau ^^ ...

    View Article
  • benny

    Lontong sup lintau emang maknyos..bersahabat bgt dgn lidah..gak rugi keluarkan gocek ...

    View Article
  • zai

    apa benar nntik akan diproses ? ditunggu info nya ...

    View Article