Kabupaten Siak Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan RMC dan Baksos IDI Riau

By wartawan 09 Feb 2018, 20:24:26 WIBDaerah

Kabupaten Siak Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan RMC dan Baksos IDI Riau

Siak, Homeriau.com - Pada tanggal 10 hingga 11 Februari 2018 mendatang, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Riau akan menjalankan program kerjanya berupa Riau Medical Camp dan Bakti Sosial ke daerah yang minim fasilitas kesehatan. Untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut, telah ditunjuk IDI cabang Kabupaten Siak sebagai tuan rumah.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris IDI Wilayah Riau yang juga selaku Ketua IDI Cabang Siak dr H Benny Chairuddin Sp.An, M.Kes, ia mengatakan bahwasanya pada akhir pekan ini IDI wilayah Riau akan menggelar Riau Medical Camp (RMC) serta Bakti Sosial (Baksos) di Kabupaten Siak.

“Tanggal 10 hingga 11 Februari 2018 mendatang, IDI wilayah Riau akan menggelar kegiatan Riau Medical Camp dan Bakti Sosial di Kabupaten Siak, adapun untuk titik pelaksanaannya, Riau Medical Camp dilaksanakan di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara Kecamatan Mempura, sedangkan Bakti Sosial diadakan di Kampung Penyengat Kecamatan Sei Apit,” papar dr Benny Chairuddin, Rabu (07/02/2018) sore, kepada Infosiak.com.

Dijelaskannya juga, kegiatan tersebut akan diikuti oleh Pengurus Besar IDI dan Dokter seluruh Kabupaten/Kota se-Propinsi Riau, dengan melibatkan sekitar 500 orang.

“Pengurus Besar IDI dan para Dokter se-Kabupaten/Kota di Riau akan ikut pada kegiatan RMC dan Baksos ini. Begitu juga Rumah Sakit (RS) yang ada di Riau banyak yang akan ikut berpartispasi. Bahkan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) antusias untuk ikut berpartisipasi,” imbuhnya lagi.

Adapun bentuk acara yang akan dilangsungkan selama Dua hari tersebut terdiri dari:

1. Hari Sabtu 10 Februari 2018 di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara.

Pembukaan acara Riau Medical Camp.
Acara ini berupa berkumpulnya para Dokter untuk berkemah bersama yang diisi dengan malam api unggun, makan bersama, dan menari Zapin bersama, serta diisi acara keagamaan dan olahraga.

2. Hari Minggu 11 Februari 2018.
Pengabdian kepada masyarakat berupa “Bakti Sosial” di Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit.

Dengan acara berupa pengobatan oleh lebih kurang 500 Dokter, baik Dokter Umum maupun Dokter Spesialis, serta pemeriksaan penunjang laboratorium USG dan EKG dan lain-lain. Bahkan dari kelompok Dokter Spesialis THT akan melaksanakan kegiatan bersih-bersih telinga untuk anak sekolah.

Acara juga diisi dengan penyuluhan dari Dokter Spesialis Anak, Penyakit Dalam, Kulit, Bedah, Kandungan dan lain-lain. Sedangkan IIDI akan memberikan sumbangan buku, baju layak pakai, susu bubur bayi, pasta gigi dan lain sebagainya.

Puncaknya peresmian MCK dan sarana air bersih yang didapatkan dari donasi para Dokter se-Riau. Rencananya para Mahasiswa Fakultas Kedokteran juga ikut untuk melakukan penelitian. Karena Daerah Kampung Penyengat ini terdapat suku asli yaitu Suku Akit yang masih minim mendapatkan layanan kesehatan dan sarana air bersih.

Acara ini didukung oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak, yang turut memberikan apresiasi terhadap Dokter-dokter yang mau turun ke pelosok untuk menunjukan kepedulian terhadap masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan. Acara ditutup makan bersama di Ekowisata Magrove Rawa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Apit.

“Acara Riau Medical Camp dan dilanjutkan dengan Bakti Sosial ini merupakan kegiatan yang pertama kali dicetuskan dan dilaksanakan di Indonesia. Mudah-mudahan acara ini bermanfaat dan menjadi contoh untuk kegiatan di wilayah Indonesia lainnya,” tutup Benny.Hr/isc


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Pilihan Anda?
  Firdaus - Rusli Effendi
  Arsyadjuliandi R. - Suyatno
   Syamsuar - Edi Nasution
   Lukman Edy - Hardianto

Komentar Terakhir

  • casino online terpercaya

    Dapatkan benefit disini. Kunjungi http://ligadewa.net/sports | http://ligadewa.net/slots ...

    View Article
  • Benefits of Cheese

    After reading your article I was amazed. I know that you explain it very well. And ...

    View Article
  • Benefits of Cheese

    The matter you we highlighted above is surely value able for anyone to workout. the ...

    View Article
  • Milk

    It is extremely nice to see the greatest details presented in an easy and ...

    View Article