Gubernur Riau Wajibkan Semua Perusahaan Terapkan K3

By HomeRiau 17 Jan 2018, 20:04:48 WIBNasional

Gubernur Riau Wajibkan Semua Perusahaan Terapkan K3

 

 

PEKANBARU, homeriau.com - Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman mengatakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) harus diterapkan di semua lingkungan kerja. Sebab, K3 merupakan kunci utama untuk mendorong produktivitas dan kenyamanan dalam bekerja.

Andi mengatakan bidang ketenagakerjaan tak terpisahkan dari pembangunan masyarakat yang mendukung prioritas program tersebut naik secara langsung maupun tidak langsung.

"Program pembangunan tersebut harus didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan setiap pelaksanaan pembangunan harus menjamin keselamatan dan kesehatan kerja," kata Andi Rachman saat bertindak sebagai inspektur upacara Bulan K3 Nasional Tahun 2017 dan membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja RI, di halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (17/1).

 

Karyawan RAPP turut serta dalam upacara memperingati Bulan K3 di halaman kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Rabu (17/1). Dalam upacara K3 ini, Gubernur Riau, Andi Rachman mengatakan setiap perusahaan wajib menerapkan K3 dalam setiap wilayah operasionalnya.

Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja mengatur pelaksanaan K3 di semua tempat kerja dimana terdapat tenaga kerja, hubungan kerja atau kegiatan usaha dan sumber bahaya baik di darat, di dalam tanah, di permukaan air, di dalam air maupun di udara, yang berada di dalam wilayah Indonesia.

Tujuan K3 tidak hanya untuk memberi perlindungan kepada tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga bagaimana dapat mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi, sehingga dapat dipergunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

"Perusahaan harus mematuhi K3. Tujuan perlindungan K3 tersebut dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang berada di perusahaan bersama-sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja," tuturnya.

Dalam upacara tersebut, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) juga turut hadir. Perwakilan management RAPP, Elwan Jumandri mengatakan perusahaan yang beroperasi di Pangkalan Kerinci ini peduli dengan K3 yang dibuktikan dengan pelatihan ahli K3 umum lebih dari 400 karyawan.

"Saat ini jumlah kecelakaan kerja di perusahaan. RAPP sejak dulu sudah menerapkan K3 di seluruh wilayah operasional dan beberapa kali mendapatkan penghargaan K3," tutupnya. (Rls)

 

 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Pilihan Anda?
  Firdaus - Rusli Effendi
  Arsyadjuliandi R. - Suyatno
   Syamsuar - Edi Nasution
   Lukman Edy - Hardianto

Komentar Terakhir

  • Benefits of Cheese

    After reading your article I was amazed. I know that you explain it very well. And ...

    View Article
  • Benefits of Cheese

    The matter you we highlighted above is surely value able for anyone to workout. the ...

    View Article
  • Milk

    It is extremely nice to see the greatest details presented in an easy and ...

    View Article
  • Milk

    I am always searching online for articles that can help me. There is obviously a ...

    View Article