Dukung Pelestarian Adat Melayu, RAPP Juara 2 Pompong Hias

By wartawan 15 Mei 2018, 22:01:08 WIBPelalawan

Dukung Pelestarian Adat Melayu, RAPP Juara 2 Pompong Hias

Pangkalan Kerinci, Homeriau.com - Ratusan warga Pelalawan tupah ruah mengikuti tradisi Balimau Kasai Potang Mogang di Langgam, Kabupaten Pelalawan dalam menyambut bulan Ramadan 1439 H.

Rangkaian acara terdiri dari gelaran Tabligh Akbar, seminar adat, ziarah kubur, pertunjukan dan pentas seni, perlombaan gasing dan diikuti acara puncak berupa kegiatan Mandi Balimau Kasai Potang Mogang serta pawai pompong hias yang diikuti sekitar 30 pompong hias dari berbagai instansi pemerintah dan swasta, termasuk PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Community Development (CD) Officer RAPP estate Langgam, Syafrizal mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap pelestarian budaya Melayu. Tahun ini, RAPP mengikuti pompong hias untuk menyemarakkan acara yang diadakan rutin setiap tahun ini.

Alhamdulillah, RAPP berhasil meraih juara 2 untuk lomba pawai pompong hias. Tentunya kami sangat senang karena telah ikut serta dalam memeriahkan acara adat yang tak boleh hilang walaupun saat ini semua sudah modern, ujar Syafrizal.

Bupati Pelalawan, H Harris mengatakan tradisi ini tidak menjadi agenda tahunan yang dimeriahkan oleh warga Pelalawan. Namun, juga bisa meningkatkan antusiasme masyarakat dari luar, termasuk pendatang yang bisa mengetahui kebudayaan Melayu di Pelalawan. Lebih jauh lagi, kegiatan ini juga bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga keutuhan, penghormatan terhadap nilai-nilai adat.

Kami berharap dari kegiatan ini akan terbangun sebuah masyarakat yang maju, tetapi tetap menghormati apa yang ada di tengah masyarakat. Apalagi dalam kerangka berpikir tentang budaya Melayu dimana masyarakat dibangun dengan sendi-sendi keagamaan. Ditambah dengan keikutsertaan berbagai instansi pemerintah dan swasta yang mendukung kegiatan sehingga acara ini terasa meriah di tahun ini, ujar Harris.

Selain H Harris, turut hadir Wakil Bupati Pelalawan, H Zardewan, Seda Pelalawan Tengku Mukhlis, Forkompinda Pelalawan serta tokoh adat, ninik mamak Kecamatan Langgam.(rls)
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Pilihan Anda?
  Firdaus - Rusli Effendi
  Arsyadjuliandi R. - Suyatno
   Syamsuar - Edi Nasution
   Lukman Edy - Hardianto

Komentar Terakhir

  • casino online terpercaya

    Dapatkan benefit disini. Kunjungi http://ligadewa.net/sports | http://ligadewa.net/slots ...

    View Article
  • Benefits of Cheese

    After reading your article I was amazed. I know that you explain it very well. And ...

    View Article
  • Benefits of Cheese

    The matter you we highlighted above is surely value able for anyone to workout. the ...

    View Article
  • Milk

    It is extremely nice to see the greatest details presented in an easy and ...

    View Article