BKKBN Riau Siapkan GenRe sebagai Penyuluh Muda Berkualitas

By HomeRiau 11 Feb 2018, 14:22:04 WIBNasional

BKKBN Riau Siapkan GenRe sebagai Penyuluh Muda Berkualitas

 

PEKANBARU, homeriau.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyiapkan remaja Generasi Berencana (GenRe) menjadi penyuluh muda. Baik untuk Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) maupun untuk Program GenRe itu sendiri.

Hal ini disampaikan Kepala BKKBN Riau, Agus Proklamasi, saat membuka acara Temu Kerja Forum GenRe dan Aksi GenRe tingkat Provinsi Riau tahun 2018, Sabtu (10/2/2018) di Aula Kantor BKKBN Riau, Jalan Terubuk. Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap Program KKBPK dan GenRe khususnya untuk peserta.

"Karena betapapun besarnya perhatian pemerintah terhadap suatu program dalam mencapai keberhasilan, semua terletak pada kesadaran kita semua," ujar Agus.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035, jumlah penduduk usia 10 - 24 tahun di Indonesia diperkirakan mencapai 66,3 juta jiwa atau sekitar 25,6 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia. Artinya, 1 di antara setiap 4 orang Indonesia adalah remaja.

"Jumlah yang banyak tersebut dapat menjadi potensi, namun dapat menjadi bencana bagi bangsa apabila tidak dipersiapkan menjadi sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas," ungkapnya.

"Membina dan mempersiapkan remaja yang ada saat ini tidak hanya untuk masa depan saja, akan tetapi kita juga menjaga mereka agar terhindar dari pernikahan dini, seks sebelum menikah dan NAPZA serta pengaruh negative lainnya," imbuhnya.

Lalu dalam rangka meningkatkan promosi Program GenRe, sehingga masyarakat semakin mengenal tentang program GenRe, maka BKKBN melakukan sosialisasi- Sosialisasi melalui beberapa kegiatan. Salah satunya pembentukan Forum GenRe baik di tingkat Provinsi maupun kabupaten/kota.

"Namun pelaksanaan promosi Program GenRe tidak hanya dilakukan oleh BKKBN semata, tetapi kami juga mengharapkan dukungan dari Dinas dan Instansi terkait dan Mitra Kerja lainnya. Sehingga nanti semakin banyak remaja-remaja yang mengetahui infomasi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) dan terhindar dari perilaku negatif," pungkasnya.

Sementara itu ketua Panitia Acara, Mayang Sari, mengatakan saat ini sudah terbentuk 6 GenRe di Kabupaten/Kota di Riau yakni di Tembilahan, Kampar, Meranti, Pekanbaru, Dumai dan Pelalawan. "Pembentukan di enam kabupaten lain segera menyusul untuk dibentuk," jelasnya

Dalam acara ini juga nantinya akan kembali dipilih Ketua dan juga pengurus GenRe Provinsi Riau tahun 2018-2019. "Karena memang masa jabatan sudah berakhir dan harus segera dibentuk untuk kepengurusan barunya," pungkasnya.hr/yl.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Pilihan Anda?
  Firdaus - Rusli Effendi
  Arsyadjuliandi R. - Suyatno
   Syamsuar - Edi Nasution
   Lukman Edy - Hardianto

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Kampung Pare

    Siapapun yang terpilih, semoga bisa memberi kesejahterahan bagi masyarakat Riau ^^ ...

    View Article
  • benny

    Lontong sup lintau emang maknyos..bersahabat bgt dgn lidah..gak rugi keluarkan gocek ...

    View Article
  • zai

    apa benar nntik akan diproses ? ditunggu info nya ...

    View Article